Pelatihan Membuat Sabun dan Lilin Dari Mijel ( Minyak Jlantah )

Senin Legi, 16 Maret 2020 16:05 WIB ∼ 201

Foto Berita
Senin, 16 Maret 2020 di Pendopo Kecamatan Pandak telah dilaksanakan pelatihan membuat sabun dan lilin dari mijel (minyak Jelantah atau minyak goreng bekas). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Bantul melalui Pendamping pkh Kecamatan Pandak sebagai penyelenggaranya.
 
Kegiatan pelatihan di hadiri oleh Bapak Jazim Ahmadi selaku Kasie Linjamsos, Bapak Suwardi selaku Kasie Kemas mewakili Camat Pandak, Bapak Sulis selaku Korkab PKH Kabupaten Bantul dan 50 peserta pelatihan yang merupakan peserta PKH aktif di kecamatan Pandak. Sebagai pembicara, pendamping PKH Kecamatan Pandak menggandeng ibu Yuli Pratiwi dari Bank Sampah Igakanas Krapyak Wetan untuk menjadi pembicara.
 
Kegiatan pelatihan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan secara resmi dibuka oleh Bapak Suwardi selaku Kasie Kemas Kecamatan Pandak. Setelah sambutan dari Bapak Suwardi, dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Jazim Ahmadi selaku Kasie Linjamsos Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Bantul. Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti yaitu pelatihan membuat sabun dan lilin Mijel (minyak Jelantah atau Minyak Goreng Bekas) oleh Ibu Yuli Pratiwi. Minyak jlantah atau minyak goreng bekas yang biasanya tidak dimanfaatkan oleh ibu-ibu dengan adanya pelatihan ini maka menambah pengetahuan bahwa minyak jelantah atau minyak goreng bekas yang sudah tidak dipakai ternyata dapat dimanfaatkan untuk menjadi sabun dan lilin.
Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini. Salah satu peserta pelatihan mengungkapan ucapan terima kasih kepada pendamping PKH dan narasumber yang telah memberikan pelatihan kepada peserta PKH. Danang Ariyanto selaku Korcam PKH Kecamatan pandak menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta PKH yang hadir dalam pelatihan dan berharap agar pelatihan yang didapatkan hari ini dapat bermanfaat dan dapat dibagikan kepada kelompoknya masing-masing sehingga semua peserta PKH dapat mengetahui cara membuat sabun dan lilin dari mijel dan berharap semoga dapat menjadi salah satu alternatif usaha bagi KPM PKH untuk dijadikan souvenir.#adm
 

Puskesmas
di Kecamatan Pandak

Puskesmas Pandak I

Puskesmas Pandak I

Jl. Pandak - Pajangan, Gesikan IV, Wijirejo, Pandak, Bantul
(0274)6462341

Puskesmas Pandak II

Puskesmas Pandak II

Jl. Srandakan Km 19 Salam, Triharjo, Pandak, Bantul
(0274) 6994291

Komando Rayon Militer Pandak

Koramil / Komando Rayon Militer Pandak

Kauman, Wijirejo, Pandak

Kepolisian Sektor Pandak

Polsek / Kepolisian Sektor Pandak

Jl. Srandakan Km 5.6, Pandak,Bantul
(0274) 7487659

Kantor Urusan Agama Pandak

KUA / Kantor Urusan Agama Pandak

Kadekrowo, Wijirejo, Pandak, Bantul
(0274) 766033