Tentang IUMK

Izin Usaha Mikro dan Kecil

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sampai saat sekarang telah memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia . Selain sebagai tulang punggung ekonomi, UMKM  juga membantu dalam hal penyerapan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran. Di samping itu usaha mikro dan kecil telah terbukti kekuatannya dalam menghadapi  gejolak ekonomi baik lokal, regional, maupun global.

Sejalan dengan Nawa Cita butir ke - 6 yaitu ” Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional ” dan butir ke - 7 yaitu  ”Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis ekonomi domestik”  maka keberadaan UMKM harus terus diperkuat dan ditingkatkan.

Peraturan Presiden nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan Usaha Mikro dan Kecil, telah memberikan ruang kepada pelaku usaha untuk mendapatkan kemudahan perizinan dan pinjaman modal.

Selanjutnya Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil semakin menegaskan komitmen pemerintah untuk mengembangkan usaha mikro dan kecil. Sesuai dengan salah satu misi Kabupaten Bantul yaitu  ”Mewujudkan kesejahteraan masyarakat difokuskan pada percepatan pengembangan perekonomian rakyat dan pengentasan kemiskinan”,Pemerintah Kabupaten Bantul telah menerbitkan Peraturan  Bupati Bantul Nomor 81 Tahun 2015 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan Usaha Mikro dan Kecil kepada Pemerintah Kecamatan.

Oleh sebab itu Pemerintah Kecamatan Pandak dengan berbagai upaya akan meningkakan pelayanan terhadap proses penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil. Pemangku kepentingan dan seluruh elemen msyarakat dimohon ntuk dapat berperan aktif dalam rangka pengembangan usaha mikro dan kecil di wilayah Kecamatan Pandak.

--

Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Pandak, daftarkan usaha anda untuk memiliki Izin Usaha Mikro dan Kecil.

  • Formulir Pendaftaran dapat diunduh di sini
  • Lengkapi lampiran-lampirannya dan bawalah ke Kecamatan Pandak untuk segera diproses
  • Untuk keterangan lebih lengkap, Saudara dapat menghubungi Pendamping IUMK atas nama Norma Fahmiyati dengan  nomor telepon 085779200006

---

Media Sosial:

Instagram: iumk_pandak

Facebook: iumk_pandak

---

Puskesmas
di Kecamatan Pandak

Puskesmas Pandak I

Puskesmas Pandak I

Jl. Pandak - Pajangan, Gesikan IV, Wijirejo, Pandak, Bantul
(0274)6462341

Puskesmas Pandak II

Puskesmas Pandak II

Jl. Srandakan Km 19 Salam, Triharjo, Pandak, Bantul
(0274) 6994291

Komando Rayon Militer Pandak

Koramil / Komando Rayon Militer Pandak

Kauman, Wijirejo, Pandak

Kepolisian Sektor Pandak

Polsek / Kepolisian Sektor Pandak

Jl. Srandakan Km 5.6, Pandak,Bantul
(0274) 7487659

Kantor Urusan Agama Pandak

KUA / Kantor Urusan Agama Pandak

Kadek, Wijirejo, Pandak, Bantul
(0274) 766033